Tentang LOGO

Rabu, 30 November 2016

Identitas perusahaan

Tentang Logo ,Simbul,lambang
Pembuatan  Identias Perusahaan (Corporate Identity) pertama kali dicptakan oleh desainer Jerman Peter Bahrens untuk perusahaan AEG pada tahun 1907. Bahrens juga mengerjakan arsitektur, periklanan, desain produk dan lain-lain. Pada masa kariernya, Peter Bahrens pernah mempekerjakan tiga orang yang kelak akan menjadi tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam dunia seni, desain, dan arsitektur modern, siapakh mereka ? mereka adalah
1. WalterGropius
2. Ludwig Mies van Rohe
3. Le Corbusier.
Identitas Perusahaan (Corporate Identity) adalah sebuah bentuk visual dan ekspresi graphis dari ganbar  dan identitas suatu perusahaan (Christine Suharto Cenadi, 1999, 75).
Identitas perusahaan atau identitas korporat disebut juga sebagai simbol perusahaan, apakah berbentuk logo perusahaan atau lambang lainnya. Identitas Perusahaan (IP)atau lebih popular dengan istilahCorporate Identity (CI)
adalah istilah yang pertama kali dipopulerkan oleh J. Gordon Lippincott,seorang insinyur sipil di masa tahun 1940-an. Dia bersama Walter P.Margulies membangun perusahaan konsultan desain, yaitu Lippincott and Margulies, Inc. (Sekarang berubah menjadi LippincotMercer) yang bergerak di bidang Identitas Perusahaan, Image, danMarketing.
Definisi penjelasan tentang Logo
Logo berasal dari kata “logos” (Yunani), yang berarti katapikiran, pembicaraan, akal budi. Pada awalnya yang lebih popular adalah istilah logotype, bukan logo. Logo adalah penyingkatan darilogotype. Logo bisa menggunakan elemen apa saja; tulisan,logogram, gambar, ilustrasi, dan lain-lain


Memahami jenis desaian grafis/ logo

Logo merupakan ciri khas dari sebuah perusahaan. Logo yang bagus adalah logo yang dapat menampilkan kualitas dan kuantitas hebatnya sebuah perusahaan. Karena logo adalah sarana pertama dari pemasaran suatu produk yang akan dipasarkan oleh sebuah perusahaan yang bisa dikatakan sifatnya mengajak konsumen. Jika logo utamanya terlihat jelek, maka akan berpengaruh terhadap keyakinan konsumen terhadap perusahaan tersebut. Jelas itu akan mengurangi pendapatan perusahaan. Bisa dikatakan Logo merupakan elemen paling penting yang berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan ke depannya.
Macam jenis logo :
1. Kata Mark 
Terdiri dari susunan huruf dimana nama perusahaan seluruhnya akan digunakan untuk membuat logo. Logo dengan bentuk paling sederhana yang hanya memainkan jenis huruf dan juga warna. dan untuk menunjukan keunikan dari nama tersebut desaiaer di tutuntut untuk memberikan pesan yang tersembunyi contih misalnya pada logo FedEx, pesan tersembunyi (Diddden massage) adalah gambar panah yang memanfaatkan di E dan x panah berati bergerak, menuju karene FedEx adalah perusahaan jasa pengiriman barang
 
 
2. pictoral Mark
Logo yang hanya berbentuk sebuah gambar atau bentuk yang mudah dikenali yang digunakan untuk mewakili perusahaan andanh'[n;pop
 
 
3. Abstrak Mark 
Bentuk abstrak atau simbol digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai perusahaan anda. Simbol-simbol abstrak disini maksudnya adalah simbol yang hanya dapat dimengerti oleh pihak perusahaan saja. Mulai dari bentuk dan warna semua adalah rahasia perusahaan.
4. Formulir Surat
Logo yang berbentuk inisial dari nama perusahaan. Logo tampak terlihat lebih berkelas dan elegan.
5. Emblem
Logo yang diselimuti oleh elemen bergambar atau bentuk nama. Logo ini dirancang sedetail mungkin agar terlihat lebih menarik dan berkelas. Kebanyakan yang menggunakan logo ini selain perusahaan adalah klub-klub sepakbola, group band, komunitas-komunitas otomotif dan masih banyak lagi.
6. Karakter
Bentuk grafis yang terdiri dari karakter untuk mewakili perusahaan anda. Logo ini memiliki ciri khas mascot yang seakan-akan nyata yang bisa berupa manusia, benda, hewan, ataupun tumbuhan. Logo seperti ini biasanya paling diminati, keuntungan dari jenis logo ini adalah mudah dikenali.
Logo 7. Web
Logo yang mewakili trend dari internet termasuk gradien, efek kaca, efek timbul, dll. Logo ini memberikan desain 3D yang hidup. Biasa digunakan untuk perusahaan-perusahaan berbasis teknologi internet. Kekurangan dari karakter ini adalah agak sulit untuk di aplikasikan ke semua material.
Logo Pertamina dari masa ke masa senantiasa mengalami perubahan, sebaiknya kita mengenali dahulu sejarah singkat pertamina. PT Pertamina Persero atau yang dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diamanahi tugas dalam mengelola penambangan minyak dan gas bumi yang terdapat di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
Sebelum menemukan Logo Pertamina kini, dahulu Pertamina sempat memonopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut akhirnya dihapuskan oleh keputusan pemerintah pada 2001. Perusahaan ini juga mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun, dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.
Nama Perusahaan Pertamina merupakan hasil penggabungan dari dua perusahaan yaitu Pertamin dan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957 dengan nama pertamina yakni mengabungkan dua kata Pertamin dan Permina. Penggabungan ini terjadi pada tahun 1968.
Direktur utama (Dirut) yang menjabat saat ini adalah Karen Agustiawan yang dilantik oleh Menteri negara BUMN Syofan Djalil pada 5 Februari 2009 lalu, menggantikan Direktur utama yang lama yakni Ari Hernanto Soemarno.
Pelantikan Karen Agustiawan ini mendapat catatan penting dalam sejarah pemimpin perusahaan pertamina mengingat pengangkatan Karen Agustiawan menjadikannya sebagai perempuan pertama yang berhasil melenggang menduduki posisi puncak pimpinan di perusahaan badan usaha milik Negara (BUMN) terbesar milik Indonesia itu.
Dalam penyelenggaraan Kegiatan usahanya di bidang energi dan petrokimia, Pertamina membaginya ke dalam dua sektor yakni sektor Hulu dan Hilir, serta ditunjang oleh beberapa anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan.

 Sejarah Logo Pertamina

Dari masa ke masa setiap logo perusahaan senantiasa mengalami perubahan atau pembaruan mengikuti semangat zaman sekaligus demi brand image dan menetapkan positioning perusahaan. Begitu pula logo pertamina dari masa ke masa hingga sekarang berkali-kali mengalami perubahan.
Mungkin kita masih ingat Logo pertamina pertama yang didirikan melalui Peraturan Pemerintah (PP) no.27 tahun 1968 merupakan lambang dua kuda laut yang saling berhadapan mengapit bintang. Dengan menggunakan dominasi warna biru, merah dan kuning. Itulah logo pertamina yang dipakai pertama kali.
Berdasarkan keputusan direksi Pertamina 914/kpts/dr/du/1971 secara resmi memberlakukan logo pertamina ini sebagai simbol dari PT. Pertamina. Yang dalam uraiannya disebutkan: Bentuk lambang adalah simetris berisi-empat-lengkung; Bintang bersudut lima berwarna kuning emas; Bintang diapit oleh 2 ekor kuda laut berwarna merah yang saling berhadapan.
Ekor kuda laut dihubungkan dengan pita berwarna kuning; Pita kuning bertuliskan Pertamina dengan warna merah; Dasar Lambang berwarna biru. Garis-garis hitam dalam bintang harus lebih tipis dari countur bintang.
Adapun filosofi atau pemaknaan lambang, arti dan makna yang terkandung dalam tiap unsur dalam logo Pertamina adalah sebagai berikut: Bintang bersudut lima menyiratkan power, tenaga, atau kekuatan pendorong semangat dalam mengemban tugas untuk mencapai apa yang menjadi cita-cita Nasional; Kuda Laut, merupakan simbol Fosil-fosil yang mengandung minyak dan mempunyai sumber energi atau daya hidup yang besar; Pita (banner), merupakan lambang Ikatan penggalang persatuan dan kebulatan tekad komitmen perusahaan.
Warna merah, mencirikan Keuletan, ketegasan sekaligus keberanian perusahaan pertamina dalam menghadapi pelbagai kesulitan yang dihadapi kemudian; Warna Kuning, adalah simbol Keluhuran cita-cita perusahaan pertamina yang hendak dicapai melalui proses ketekunan dan penuh keyakinan; Warna Biru, adalah bukti Kesetiaan dan penghormatan kepada Tanah air, dasar negara Pancasila dan dasar lambang UUD 1945.
Itulah sebuah keputusan yang terlahir dari kebijakan direksi PT. Pertamina waktu itu. Yang mampu menegaskan dari bentuk hingga sebuah makna dari logo pertamina tersebut. Kita dapat merasakan sebuah landasan yang sangat nasionalis pada filosofi logo pertamina tersebut.
Kemudian pada tahun 2005 logo Pertamina kembali mengalami penggantian logo. Dari perubahan logo pertamina ini Kita dapat melihat evolusi dari sebuah logo. Dari hal yang sangat filosofis terkonversi menjadi sebuah logo pertamina yang dibuat dengan tampilan sangat simpel atau sederhana. Hal ini didorong lantaran hadirnya kompetisi yang baru dimulai dengan masuknya beberapa kompetitor yang muncul di Indonesia seperti kehadiran perusahaan Shell, petronas, dll.
Pada tanggal 10 Desember 2005 pukul 16.30 WIB perusahaan pertamina mengukuhkan pergantian logo pertamina menjadi huruf “P” melalui konferensi pers yang dilakukan, setelah mengantongi surat resmi dan terdaftar dengan surat pendaftaran ciptaan no. 028344 tertanggal 10 Oktober 2005 pada Direktorat Hak Cipta Desain Industri Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang Departemen Hukum dan HAM RI.
Dengan pemaknaan logo warna-warna yang berani menunjukkan langkah besar yang diambil Pertamina tercermin pada tiga bidang belah ketupat, dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih positif dan dinamis.
Biru mencerminkan, sikap Andal, jujur dan kredibelitas atau bertanggung jawab; Hijau merupakan cerminan Sumber daya energi yang berwawasan lingkungan; atau peduli terhadap kelestarian alam. Merah mencerminkan Keuletan dan ketegasan serta keberanian perusahaan pertamina dalam menghadapi berbagai macam kesulitan;

Logo Pertamina Sempat Dikecam

Pergantian logo pertamina ini sempat mendapat banyak kecaman dari berbagai pihak. Sebagian kalangan menganggap bahwa Pergantian logo pertamina ini dinilai telah melakukan penghambur-hamburan uang kas Negara dan perubahan logo pertamina pun dianggap tidak lebih baik dari logo sebelum mengalami pergantian.
Dan jelas pergantian logo pertamina ini membutuhkan biaya yang sangat mahal. Konon untuk perubahan logo barunya ini pertamina dikabarkan hingga menghabiskan dana sekitar 2.5 miliar.
Pembuatan logo pertamina yang baru ini diserahkan kepada perusahaan design dan konsultan merk yang berdomisili di San Fransisco yang bernama Landor. Landor memang sebuah perusahaan yang mempunyai portofolio yang baik dan banyak menangani pembuatan merk-merk perusahaan terkenal.
Pasca  pergantian logo pertamina ini. Pertamina terus melakukan pembenahan dan memperbaiki pelayanan maupun produk kepada konsumen. Hal itu bisa Kita lihat selain logo Pertamina yang baru juga mengeluarkan icon slogan pelayanan “Pasti pasnya” disetiap partner atau SPBU-SPBU milik Pertamina ini sendiri. Lalu pertamina mulai mengekspor produk-produk olinya hingga keluar negeri dengan menggunakan logo barunya tersebut.
Berkat sugesti logo pertamina yang baru maka semangat baru perusahaan pun kian menggelegak untuk terus mengekspansi lebih dari yang kemarin mereka lakukan. Kita bisa melihat mereka berhasil belajar dari kehadiran para kompetitor mereka yang menjajakan produknya hingga lintas bangsa. Apapun yang sudah dilakukan oleh Pertamina dengan perubahan logo-logonya merupakan sebuah hasil yang positif yang tidak bisa kita pandang sebelah mata.
Mengeluarkan biaya yang cukup Mahal bukan lagi menjadi alasan atau kendala demi satu pencapaian yang maksimal. memang perlu kita pertimbangkan tentang kemasukakalan membuat satu gerakan positif yang baru dengan perubahan logo yang baru. Mungkin Pertamina bisa dibilang sukses dalam memberikan nyawa pada logo barunya, dan tidak banyak pula yang mengganti logo baru tapi tetap dengan semangat yang lama.
Seperti kita ketahui bahwa setiap usaha kerap mengalami pasang surut Memang sudah seharusnya demikian yang terjadi dalam dunia bisnis. Grafik itu yang sering turun naik. Maka jika sudah turun adalah hal yang lumrah terjadi.
Maka ketika perusahaan sedang mengalami kemunduran tersebut maka memperbaharui semangat adalah hal yang paling bijak dan masuk akal untuk diperlakukan oleh sebuah perusahaan. Dengan pergantian logo pertamina yang baru diharapkan berdampak positif terhadap brand image badan usaha milik Negara (BUMN) hingga menembus pasar luar negeri.
__________________________________________________________________________________________________________________

Arti Warna Pada Logo Perusahaan dan Pengaruh Emosionalnya Pada Konsumen

Warna sejak lama diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi, emosi serta cara bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna yang sering digunakan para marketer atau komunikasi visual yang handal untuk tujuan branding, sales/penjualan serta marketing perusahaan. Misalnya warna merah berarti gagah atau putih yang dikaitkan dengan kesucian pada pembuatan logo perusahaan.
Bahkan, ada ilmu komunikasi visual yang menggunakan warna untuk terapi warna atau yang disebut colourology (menggunakan warna untuk meyembuhkan). Metode ini sudah dipraktekkan oleh banyak kebudayaan kuno seperti Mesir dan Cina. Mata kita bisa menangkap tujuh juta warna yang berbeda. Tetapi ada beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood yang pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk lebih loyal terhadap produk perusahaan. Setiap warna memancarkan panjang gelombang energi yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi promosi, branding, marketing, corporate identity serta logo perusahaan dapat membawa harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan.
Kali ini akan dibahas tentang psikologi warna di dalam desain logo tapi tidak berarti efeknya akan berbeda dengan print atau media yang lain, efek dasarnya akan tetap sama. Berikut adalah daftar warna-warna yang akan dibahas:
ARTI WARNA MERAH
Merah adalah warna yang paling sering menarik perhatian. Warna memilki karateristik merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik. Merah juga meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri. Warna merah juga paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas. Merah juga membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas. Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap sebagai tuntutan dan sikap agresif. Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi panas , berani ,marah dan berteriak. Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy. Didalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat. Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja sudah bisa membuat logo tersebut menjadi terlihat berbeda.
ARTI WARNA KUNING
Kuning adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa dipakai sedikit untuk pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan usus. Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain logo. Karena begitu kuatnya warna kuning ini, seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah karena sifatnya menarik perhatian.
ARTI WARNA ORANGE
Orange ialah kombinasi warna merah dan kuning. Merupakan warna hangat dan ramah yang membuat orang merasa nyaman. Orange berhubungan dengan cakra sakral dan diyakini bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan organ repoduksi. Dia juga meningkatkan metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu kuat dan hangat. Warna ini (selain merah dan biru) sering di gunakan pada tombol website yang penting, seperti buy now , register now dan lainnya yang sejenis, istilahnya adalah call to action button. Dari sisi psikologis sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai untuk menarik perhatian orang.
ARTI WARNA BIRU
Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit. Warna ini juga meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain logo, biru sering di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna biru untuk mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
ARTI WARNA VIOLET UNGU
Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu tidur Anda. Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus. Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain logo kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen saja.
ARTI WARNA HIJAU
Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang. Para peneliti juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
ARTI WARNA COKLAT
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan sophisticated karena dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan mahal dan ekslusif pada desain logo dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda. Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa dapat di andalkan dan kuat. Warna coklat ini biasanya di gunakan di firma hukum sebagai warna utama dalam desain logo perusahaan mereka.
ARTI WARNA MERAH MUDA
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan berani. Tetapi banyak juga desain logo perusahaan yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
ARTI WARNA INDIGO
Warna-warna nila ini dipercaya akan meningkatkan intuisi dan memperkuat sistem getah bening, kekebalan tubuh dan membantu memurnikan serta membersihkan tubuh.
ARTI WARNA PUTIH
Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga meberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang dipantulkan. Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
ARTI WARNA HITAM
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Karena itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk).
Dengan pemahaman efek dari berbagai macam warna ini maka Akarapi mampu menerapkannya dalam dunia komunikasi visual, marketing, materi promosi (brosur, undangan, x banner, leaflet) , corporate identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga pembuatan desain logo perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding yang sukses dan berhasil. Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu desain logo. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis dan kesan yang mendalam kepada semua orang yang melihatnya. Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh
______________________________________________________________________________________________________